Selasa, 30 Maret 2010

Laptop Buatan India bisa didaur ulang

NEW DELHI - Perayaan Earth Hour 2010 pekan lalu, dimanfaatkan produsen komputer asal India HCL Infosystems untuk merilis produk ramah lingkungan miliknya, sebuah laptop bernama 'ME Series 40'.
ME Series 40 dibanderol seharga Rs41.500 atau sekira Rp8,3 juta. Laptop ini diklaim memiliki kandungan Brominated Flame Retardants (BFR) kurang dari 0,1 persen, sehingga membuatnya dapat didaur ulang dan 100 persen ramah lingkungan.
BFR merupakan jenis bahan berbahaya yang kerap ditemukan dalam produk elektronik. Bahan ini digunakan untuk mengurangi tingkat kerentanan produk elektronik agar tidak mudah terbakar.

Seperti dilansir India Times, Senin (29/3/2010), bahan tersebut kini tengah menjadi sorotan para aktivis lingkungan hidup. Mereka menyerukan para pelaku kegiatan rumah tangga dan produsen perangkat elektronik untuk tidak lagi menggunakan BFR karena memiliki dampak buruk terhadap manusia dan hewan.
"Dengan hadirnya ME Series 40 yang bebas BFR, kami memperkuat komitmen dalam mewujudkan revolusi teknologi ramah lingkungan dalam pangsa pasar hardware IT," kata Executive Vice President HCL Infosystems George Paul.
"Kami adalah satu dari sedikit perusahaan di dunia yang berkomitmen dalam visi dan misi ini," tambahnya.
ME Series 40 dipersenjatai prosesor Intel Core 2 Duo dan memiliki berbagai fitur penting sebuah laptop seperti layar selebar 15,4 inci, webcam 1,3 megapixel, Bluetooth terintegrasi dan OS Windows 7.
sumber: techno.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

==========.:|Ayo Comment|:.=============
Jangan baca doank! comment juga donk!